Informasi Seminar

HOW TO MANAGE HRD DEPARTMENT

HOW TO MANAGE HRD DEPARTMENT
Hotel , Jakarta | 06 – 08 Juni 2011 | Rp. 3.300.000,- / peserta

 

Mengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan memerlukan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman kerja tertentu yang tidak dapat diperoleh melalui pendidikan formal. Umumnya diperlukan 8 sampai 10 tahun pengalam kerja untuk memperoleh semua kompetensi itu tidak dapat diperoleh di perguruan tinggi. Kompetensi itu antara lain adalah dibidang penerimaan dan seleksi calon tenaga kerja, merancang sistim penjenjangan kepangkatan dan jabatan beserta struktur penggajian. Sebagaimana diketahui Remuneration Management adalah salah satu Core Competency yang harus dikuasai oleh seorang praktisi HRD. Kompetensi lainnya adalah dibidang Industrial Relation yang sebetulnya bidang ini yang paling sulit mengelolanya, karena tujuannya adalah untuk menciptakan suasana kerja yang kondusif di perusahaan, terhindar dari berbagai disputes antara karyawan dan Management perusahaan. Tata cara penyelesaian perselisihan hubungan industrial adalah sesuatu yang penting untuk dikuasai untuk menhindari kesulitan yang akan dialami oleh perusahaan. Objective dari HRD Department adalah “to attract, motivate and retain the quality of employees needed, to ensure that working environment is conducive to the dynamic of the organization and to ensure the organization staffed with the knowledge, skills and value require to achieve the company’s mission”. Dari caption di atas dapat dilihat betapa pentingnya fungsi HRD untuk mendukung keberhasilan perusahaan.

Tujuan dan Manfaat Pelatihan
Melalui training yang intensive ini peserta akan mendapatkan berbagai “teknik dan alat” yang diperlukan dalam mengelola SDM di perusahaan.

Ada beberapa alasan mengapa HRD Management semakin dibutuhkan akhir-akhir ini sehingga para praktisi perlu sekali meningkatkan kompetensi dibidang pengelolaan SDM ini :

  1. Indonesia masih sangat terbuka untuk PMA yang diharapkan dpaat menyerap tenaga kerja, untuk itu diperlukan teknik pengelolaan, pemberdayaan dan pengembangan SDM yang baik.
  2. Pemerintah dari waktu ke waktu meningkatkan dan melakukan penyempurnaan berbagai peraturan ketenagakerjaan agar memperkuat “comparative advantage” Indonesia diantara Negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan menjadikan negeri kita ini lebih menarik bagi para investor.
  3. Disbanding dengan Negara lai, sistim pengelolaan SDM di Indonesia masih ketinggalan, masih banyak yang harus dibenahi untuk menjamin adanya ketenangan kerja bagi karyawan dan ketenangan berusaha bagi pemilik perusahaan.
  4. Masih kurangnya perhatian para pimpinan perusahaan akan pentingnya sistim pemberdayaan dan pengembangan SDM, sehingga fungsi-fungsi HRDM, yaitu Employment, Salary & Compensation Administration, Industrial Relations, Training & Development, Government Relations dan Employee Benefit & Facilities, tidak dijalankan sebagaimana mestinya.
  5. Pada hakekatnya, SDM harus dikelola dengan baik, dengan sistim, teknik dan alat yang tepat.
  6. Praktisi HRD yang “new comers” harus segera mengertidan memahami peran HRD di perusahaan sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menguasai semua fungsi-fungsi HRD itu.

Materi
(…Many others are given as soft copy in a CD)

  • Introduction to HRD Management, the applicative 6 functions of HRD.
  • Developing HRD Strategic Plan & Individual Work Program.
  • Competency Based Employment Interview Technique.
  • Understanding Psychological Assessment.
  • Managing Effective Personnel Administration.
  • Performance Management.
  • Remuneration Management : Designing Salary Structure (Job Grading), Job Analysis & Job Evaluation, in line with Kepmen 49/2004 about Salary Structure & Scale.
  • Industrial Relation System in Indonesia.
  • Developing Company Policy.
  • Effective CLA (PKB) Negotiation.
  • The crucial parts of the prevailing Manpower Law 13/2003, Law 2/2004 – Labor Court (PPHI) Industrial Disputes Settlement.
  • What you should know about Dept. of Manpower & make it beneficial to the company.
  • The Labor Union : its existence in the company and proper techniques to handle the Union Leader.
  • Effective technique in handling the industrial dispute settlement, the process & procedure.
  • Developing Management Trainee Program.
  • 21 ways to maximize your HRD role in the company.
  • Review participants individual work program.
  • Wrap up & Closing.

 

 

Metode Pelatihan :

  1. Pemaparan materi menggunakan  modul yang disesuaikan dengan output/ tujuan pelatihan ini.
  2. Penyampaian materi diberikan dengan metode pengalaman, sehingga dapat sesuai dengan kondisi lingkungan kerja di perusahaan Anda.
  3. Pemaparan materi menggunakan media Visual, Auditory, dan Kinestethic peserta.
  4. Penyampaian materi selalu dibawakan dengan pendekatan Spiritual dan Emotional.
  5. Penyampaian materi untuk menciptakan persepsi baru yang dapat  merubah mindset dan pemahaman peserta pelatihan.

 

Games, Role Play, Group Discussion, Case Study, Simulation, Assignment


FASILITATOR

Asfar Arif MBA

Praktisi HRD Senior berpengalaman lebih dari 30 tahun diberbagai perusahaan multi nasional (MNC) antara lain di McDermott, Sampoerna, BASF, BP Petroleum, Rothmans, Eternit, Edison Mission, Radisson, Sunrise. Semenjak 11 tahun terakhir sebagai Trainer Associate dengan beberapa Training Institution dan telah memberikan banya sekalai training yang berkaitan dengan pengelolaan, pemberdayaan dan pengembangan SDM. Kualifikasi narasumber akan menjamin mutu dari training ini dimana knowledge, skill dan pengalaman empiris-nya akan di transform kepada peserta secara mendalamdan detailed. Keberhasilan peserta terdahulu membuktikan effective-nya training ini untuk peningkatan karir peserta dibidang HRDM.

 

PESERTA

Mereka yang bekerja di Departemen SDM, HRM Consultant, Mereka yang akan bergabung di Departemen SDM.

 

WAKTU DAN LOKASI

  • 06 – 08 Juni 2011  di Hotel /Pusat Pelatihan, Jakarta

 

INVESTASI

  • Rp. 3.300.000,-/ peserta
  • (sudah termasuk Coffee Break + Lunch, modul dan sertifikat)]
  • Special Bonus : (CD Audio Relax and Recharge) + Souvenir

 

Post a Comment