Informasi Seminar
By November 3, 20120 Comments Read More →

Internal Audit Berbasis Risiko

Internal Audit Berbasis Risiko  (RISK BASED AUDIT)

Hotel UNY, Yogyakarta |  Senin – Rabu, 12 – 14 November  2012 | Rp. 7.000.000 per peserta

 

 

ABSTRACK

Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kinerja dari sebuah perusahaan adalah adanya peranan efektif dan efisien dari Satuan Pengendalian Internal atau yang sering disebut dengan Internal Audit. Pemahaman yang mendalam akan sebuah proses, teknik serta langkah-langkah dalam melakukan proses audit akan memberi dampak yang positif bagi perusahaan terutama dalam meminimalkan suatu resiko yang akan dihadapi oleh perusahaan.

Internal auditor diharapkan mampu melaksanakan audit secara efektif dan efisien. Sumber daya yang terbatas yang digunakan seharusnya mampu dikelola sedemikian rupa sehingga tujuan audit yang telah ditetapkan. Hal ini berarti internal auditor harus mendahulukan pengujian dan observasi pada aktivitas yang dinilai berisiko tinggi, tidak ‘terjebak’ pada rutinitas dan kegiatan yang kurang berisiko. Juga, internal auditor harus mampu mengidentifikasi risiko-risiko yang dihadapi perusahaan telah cukup diantisipasi dan dimitigasi oleh perusahaan. Dengan melakukan audit berbasis risiko, diharapkan para internal auditor mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang dihadapi terkait dengan perencanaan tahunan audit dan melaksanakan pengujian-pengujian audit secara lebih efektif dan efsien.

Peranan Internal Auditor dengan fokus utama pengendalian atau control pada perusahaan saat ini sudah tidak memadai lagi. Kelemahan utama yang muncul adalah perencanaan audit yang tidak efektif dikaitkan dengan pencapaian misi perusahaan. Umumnya perencanaan audit disusun tidak melalui suatu basis yang memadai, melainkan hanya berdasarkan penilaian subyektif belaka. Kerap terjadi auditee yang berisiko tinggi justru tidak mendapatkan perhatian penuh dari internal audit dan sebaliknya, audit justru dilakukan pada auditee yang relatif kurang berisiko. Sehubungan dengan hal tersebut kami  menawarkan suatu program yang akan memberikan nilai tambah bagi SDM Perusahaan yang tentunya akan memberikan nilai positif juga bagi perusahaan.

OUTLINE

  1. Peranan Dan Fungsi Audit Dalam Perusahaan
  2. Perubahan Paradigma Internal Audit
  3. Pengantar Konsep Risiko
  4. Identifikasi Dan Asesmen Terhadap Risiko
  5. Konsep Audit Universe
  6. Kerangka Dasar Dan Mekanisme Audit Berbasis Resiko Dari Mulai Pendekatan, Metode, Teknik Serta Langkah-Langkah Efektif Dalam Melaksanakan Audit.
  7. Keterkaitan Antara Manajemen Resiko Dan Internal Control Dalam Sebuah Proses Audit Perusahaan Untuk Meningkatkan Kinerja Perusahaan.
  8. Proses Audit Berbasis Resiko.
  9. Penerapan Proses Audit Berbasis Resiko Dalam Perusahaan
  10. Metode Control Self Assessment
  11. Pengujian Efektivitas Pengendalian
  12. Pengembangan Findings
  13. Pelaporan Audit Berbasis Risiko

INSTRUCTOR

Hardianto, SE, MM, QIA
S-2 Magister Manajemen konsentrasi bidang Pemasaran. Internal Auditor, Pemasaran dan Pengembangan Sistim Procurement. Praktisi Manajemen Perencanaan,, Manajemen Pengendalian, Evaluator dan Assessment Bisnis. Konsultan, instruktur, dan assessor dalam berbagai pelatihan dan kursus Jabatan, seluruh level Manajemen Perkebunan , (BMDP, MMDP, SMDP, FMDP) Basic, Middle, Senior dan Advance Manager Development Program. Bench marking dengan berbagai industry di Singapore, Malaysia, Thailand , China dan Hongkong

 PARTICIPANT

Para internal auditor, baik pada level manajerial atau pun staf pelaksanana dan pihak-pihak yang terkait dengan manajemen risiko diharapkan akan mendapatkan pengetahuan yang optimal dan mampu melaksanakan audit berbasisi risiko di perusahaannya masing-masing

 

DATE  AND VENUE

  • Hotel UNY, Yogyakarta
  • Senin-Rabu, 12 – 14 November  2012
  • 08.00  – 16.00 WIB

TUTION FEE

  • Biaya Rp. 7.000.000 per peserta
  • Pembayaran dapat dilakukan pada saat pelatihan

 

FACILITIES
Training Modules, Training Kit, Certificate, Exclusive Souvenir, Dinner & City Tour, Coffee Break & Lunch
Posted in: Audit, Yogyakarta

Post a Comment