Informasi Seminar

Introduction To Geology and Mining Technology

Introduction To Geology and Mining Technology
Hotel Horison, Bandung | 4 – 6 Oktober 2011 | Rp. 6.750.00 ( Non Residensial )
Hotel Horison, Bandung | 29 Nopember – 1 Desember 2011 |Rp. 6.750.00 ( Non Residensial )

 

Pendahuluan
Beberapa perusahaan membuat sedikit produk, sementara perusahaan lain membuat banyak produk. Akan tetapi, masing-masing menggunakan bermacam proses, mesin, peralatan, keterampilan tenaga kerja dan material.
Untuk mencetak laba, perusahaan harus mengorganisasikan semua faktor tersebut untuk membuat produk yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan mutu yang baik, dan biaya yang paling ekonomis. Hal ini adalah masalah yang kompleks dan sangat penting untuk memiliki sistem perencanaan dan pengendalian produksi yang baik.

 

Manfaat kursus:

  1. Setelah mengikuti kursus ini, peserta kursus diharapkan akan mampu:
  2. Mengetahui dasar-dasar geologi dan hubungannya dengan industri pertambangan.
  3. Memahami proses-proses geologi yang mengontrol pembentukan cebakan bahan galian
  4. Memahami katakteristik industri pertambangan, tahapan, dan kendalanya.
  5. Mengenal sistem-sistem penambangan baik terbuka (open pit) maupun tertutup (underground)
  6. Mengetahui aspek legal formal (undang-undang dan peraturan) dalam industri pertambangan
  7. Memahami praktek pertambangan yang benar dan berwawasan lingkungan (good mining practice)

 

Materi kursus:

  1. Pendahuluan
  2. Dasar-dasar Geologi untuk Pertambangan
  3. Kontrol Geologi dalam pembentukan bahan galian
  4. Karakteristik dan tahapan-tahapan dalam Industri Pertambangan
  5. Pengantar Sistem penambangan
  6. Mengenal undang-undang dan peraturan dalam Industri Pertambangan
  7. Good Mining Practices

 

Peserta kursus:
Managers | Bankers | Accountants | Lawyers | Businessmen | Purchasing agents | Government officers | dan personel lainnya yang terkait dengan industri pertambangan

 

Instruktur:
1.    Dr.Eng. Syafrizal, ST., MT.
Aktif melakukan penelitian dan memberikan jasa konsultasi pada bidang Eksplorasi Endapan Bahan Galian serta Penyusunan Dokumen Studi Kelayakan sejak tahun 1998 terutama untuk bahan galian batubara, logam, dan bahan galian industri. Saat ini aktif sebagai Staf Pengajar di Program Studi Teknik Pertambangan FTTM ITB. Menempuh pendidikan Sarjana Teknik di Jurusan Teknik Pertambangan ITB pada Option Tambang Eksplorasi, lulus tahun 1996. Menempuh pendidikan Magister Teknik di Program Pascasarjana ITB, Program Studi Rekayasa Pertambangan, Bidang Khusus Eksplorasi Cebakan Mineral, lulus tahun 2000. Menempuh pendidikan Doctor of Engineering, Earth Resources Engineering di Graduate School of Engineering, Kyushu University, Japan, lulus tahun 2006.

2.    Dr. Mohamad Nur Heriawan, ST., MT.
Memiliki latar belakang pendidikan Sarjana Teknik Pertambangan (ITB, 1998), Magister Teknik Geofisika Terapan (ITB, 2000), Diploma Spesialis bidang Geostatistik Pertambangan (Ecole des Mines de Paris, Prancis, 2003), dan Doktor bidang Geostatistik dan Geomodeling (Kumamoto University, Jepang, 2007). Pada saat ini menjabat sebagai Dosen (Lektor Kepala) pada Program Studi Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan, ITB. Organisasi profesi yang diikuti adalah International Association for Mathematical Geology (IAMG), Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI), dan Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI). Dari tahun 2002 sampai saat ini aktif melakukan penelitian dan mengajar pelatihan di bidang geostatistik pertambangan dan pemodelan geologi endapan mineral dan batubara.

3.    Dr. Irwan Iskandar, ST., MT.
Lulus Sarjana Teknik pertambangan bidang eksplorasi pertambangan ITB (2002), Master Rekayasa Pertambangan Bidang Khusus Hidrogeologi, ITB (2005) dan Doktor dari Kumamoto University Jepang (2010) ddalam bidang hidrogeologi lingkungan, terutama di daerah sistem hidrotermal dan geotermal. Saat ini menjadi anggota Kelompok Keahlian Sumberdaya Bumi, Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan ITB dan mengajar di Program Studi Teknik Pertambangan dan Program Magister Teknik Airtanah dan Rekayasa Pertambangan. Sejak tahun 2003 aktif secara keprofesian dalam bidang Hidrogeologi baik untuk pertambangan maupun lingkungan.

 

Waktu dan Tempat

  • 12-14 Juli 2011 – di Hotel Horison, Bandung
  • 4 – 6 Oktober 2011 – di Hotel Horison, Bandung
  • 29 Nopember – 1 Desember 2011 – di Hotel Horison, Bandung

 

Investasi
Biaya Pelatihan sebesar Rp. 6.750.000,- (Non Residensial).

 

Fasilitas
Tas |  Seminar Kits |  Modul (Hard Copy dan Soft Copy in Flash Disc) |  Sertifikat |  Makan Siang & Coffe Break


Post a Comment