Informasi Seminar

Mendeteksi Kecurangan Auditing di Industri Asuransi

Mendeteksi Kecurangan Auditing di Industri Asuransi

Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca, Jakarta | Kamis, 15-07-2010 – Jum’at, 16-07-2010 | Rp 3.150.000,-


Training Description :

Penyelenggaraan usaha secara sehat, dalam arti menjunjung tinggi etika dan norma bisnis dan berpijak pada prinsip-prinsip Good Corporate Governance akan ikut membantu dan mendiring terciptanya ketertiban dan keteraturan tatanan sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sementara desakan dan himpitan serta tuntutan kebutuhan hidup yang tidak dapat dipenuhi secara memadai oleh sistem dan mekanisme kerja perekonomian akan menumbuhkembangkan sifat-sifat dan motivasi untuk melakukan pelanggaran terhadap etika dan norma dalam bermasyarakat.

Sebagaimana dimaklumi pertumbuhan penduduk yang selalu lebih cepat dari pertumbuhan sumber daya ekonomi, dan penyebaran perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan telah memunculkan iklim persaingan yang semakin kompetitif dan cenderung melanggar etika dan norma. Pelanggaran etika dan norma bisnis tumbuh subur mana kala upaya penegakan hukum dalam masyarakat semakin lemah. Fenomena ini ikut mewarnai berkembangnya praktik – praktik kerja yang semakin jauh dari norma dan etika bisnis. Tindakan kecurangan (fraud) hampir terjadi disemua sektor kehidupan, mulai dari kalangan birokrat termasuk unsur penegak hukum, para profesional dan dunia bisnis, tidak terkecuali dalam industri jasa keuangan seperti perbankan dan asuransi. Dalam bahasa populer yang sederhana dikatakan bahwa kecurangan atau fraud dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Fraud telah menjadi faktor penghambat timbulnya kepercayaan dan telah merusak dan menghancurkan kepercayaan yang pada gilirannya meruntuhkan kejayaan. Oleh karena itu, untuk menjaga kepercayaan publik dan meningkatkan market share perlu terus menumbuhkembangkan praktik bisnis yang sehat, dengan melakukan pendeteksian dan pencegahan terhadap peluang terjadinya fraud tidak terkecuali pada setiap institusi bisnis.

 

Metode Pelatihan :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

 

Sasaran Pelatihan  :
Setelah mengikuti pelatihan ini peserta akan mendapatkan :

  1. Memberikan tambahan wawasan dan pengetahuan serta pendalaman pemahaman terhadapa masalah fraud
  2. Meningkatkan keterampilan  untuk melakukan pendeteksian dan melakukan tindakan pencegahan secara dini atas peluang terjadinya fraud

 

Outline :

1. OVERVIEW FRAUD-AUDITING
a. Terminologi
b. Pihak-Pihak yang Terlibat Fraud
c. Faktor-Faktor yang Mendorong Terjadinya Fraud
d. Faktor-Faktor yang Dapat Mempengaruhi Terjadinya Fraud
e. Usaha Mengurangi Fraud
f.  Symtomps
g. Warning Sings

2. PEMANFAATAN TEKNOLOGI
a. Audit dengan Teknologi Informasi
b. Sistem Pengamanan Jaringan dan Komputer
c. Internet

3. MEMBANGUN BUDAYA DAN ETIKA PERUSAHAAN
a. Three General Models for ethical decision making
b. Ethics Awareness
c. Managing values
d. The moral compas

4. BISNIS ASURANSI
a. Konsep dan Mekanisme Bisnis Asuransi
b. Jenis dan Modus Operandi fraud Dalam Bisnis Asuransi
c. Teknik Pedeteksian & Pencegahan fraud Dalam Bisnis Asuransi
d. Teknik Melakukan Investigasi fraud Dalam Bisnis Asuransi

5. CASE STUDY

 

Trainers:

Nasser Ja’far Seff, M.Si, AAAIK, QIA & Tim Konsultan Internal Audit

NASSER JA’FAR SEFF, M.Si, AAAIK, QIA
Praktisi internal audit yang memiliki pengalaman lebih dari 20 tahun. Pernah menjabat sebagai staff ahli Direktur Utama dan Kepala Divisi Satuan Pengawasan Internal di sebuah perusahaan Asuransi BUMN besar yang memiliki kualifikasi baik dalam praktek maupun akademik. Pemegang gelar master dari Fisip UI untuk Ilmu Administrasi dan Kebijakan Bisnis. Selain itu pernah mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan singkat yang terkait dengan internal audit baik dari dalam maupun luar negeri. Pelatihan singkat luar negeri yang pernah diikutinya salah satunya di The Institute of Internal Auditors 2007 International Conference Amsterdam.

TIM KONSULTAN INTERNAL AUDIT

Team Instruktur yang terdiri dari para praktisi audit (auditor) dengan pengalaman lebih dari 10(sepuluh) tahun baik sebagai auditor ataupun instruktur. Mereka rata-rata adalah lulusan S-2 dari dalam/luar negeri, bahkan beberapa diantaranya ada yang lulusan S-3 (Ph.D.). Sebagian juga ada yang memiliki sertifikat profesi seperti CIA (Certified of Internal Auditor), CFE (Certified Fraud Examiners), CCSA, CISA, dan sebagainya. Sebagai auditor mereka banyak terlibat dalam pengungkapan kasus-kasus kecurangan yang terjadi di negeri ini.


Jadual & Lokasi :
Kamis, 15-07-2010 – Jum’at, 16-07-2010
Harris Hotel Tebet / The Park Lane Hotel Casablanca


Fee/Investasi :

    • Rp 3.150.000,- (Full Fare)
    • Early BirdRp 3.000.000 untuk pembayaran sebelum tanggal 08 Juli 2010
    • Untuk pendaftaran Group sebesar Rp 5.800.000 untuk pendaftaran  2 orang peserta
    • BONUS ! ! SOUVENIR DAN DOOR PRIZE MENARIK



      Posted in: Audit

      Post a Comment